7 kewajiban seorang muslim dalam al-quran



Dalam agama islam telah ditetapkan bahwa islam adalah agama rahmatan lil alamin
agam yang penuh kasih sayang. Hal ini seperti yang telah diajarkan Nabi Muhammad SAW dan yang telah di wahyukan oleh ALLAH SWT
adanya pengaturan yang berhubungan dengan Tuhan yaitu Hablum minallah, dengan manusia Hablum minannas, serta dengan keberadaan alam semesta Hablum minal a'lam...
Tak lepas dari konteks tersebut, tentang rahmatan 

lil alamin
agama islam juga mewajibkan setiap mukmin atau muslim yang sebagaiman telah diatur dalam Al-Quran
Yaitu ada 7 kewajiban seorang muslim
1. Menjawab salam : menjawab salam mempunyai hukum yang wajib karena kita telah didoakan keselamatan bagi orang yang telah memberikan salam. Untuk itu kita wajib menjawabnya dengan maksud untuk mendapatkan berkah doanya serta mendoakan kembali kepada yang memberikan salam.
2. Menjenguk orang sakit : menjenguk orang sakit adalah bagian atau salah satu hal yang dapat dilakukan untuk saling memberi semangat sekaligus mengingatkan bahwa menjaga jasmani adalah sebagian dari iman.
3. Memberikan maaf : Allah swt adalah maha dari segala maha untuk itu manusia yang hanya sebuah jentikan buih yang ada dilaut ataupun debu yang ada di udara ada baiknya dengan lapang dan ikhlas dapat memaafkan atas kesalahan yang pernah dilakukan oleh orang lain terhadap diri kita.
4. Menyambung Silahturahmi : menyambung silahturahmi adalah sebagian dari cara yang dilakukan Nabi Muhammad SAW untuk melakukan penyebaran agama islam. Dan silahturahmi itu pula yang mengikat segala peradaban yang ada dimuka bumi ini untuk saling mendoakan dan menguatkan sesama muslim.
5. Berbuat baik : berbuat baik kepada sesama muslim ataupun orang yang tidak baik kepada diri kita merupakan kewajiban yang diatur dalam al-quran karena manusia adalah makhluk sosial yang diciptakan oleh Allah SWT untuk saling membutuhkan.
6. Menjawab doa orang yang sedang bersin : Hal ini bahkan dilakukan pula oleh setiap malaikat apabila mendengar ataupun melihat seseorang yang sedang bersin dan membaca HAMDALLAH setelahnya maka wajib hukumnya bagi yang mendengar untuk menjawab Yarhamukallah / killah dan dijawab kembali dengan Yahdikumullah / kumillah bagi yang telah bersin.
7. Mendoakan sesama muslim.

Penulis : Umar Bin Sara ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 7 kewajiban seorang muslim dalam al-quran ini dipublish oleh Umar Bin Sara pada hari Selasa, 17 Juli 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 7 kewajiban seorang muslim dalam al-quran
 

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...